header-photo

Rating Drama Korea (versi aku yah..)


      Setiap K-drama yang aku tonton punya kesan masing-masing. Ada yang bikin termehek-mehek sampe sesek gak karuan, ada yang sedang-sedang aja, bahkan ada juga yang ga nyentuh emosional aku. Semua ini tentunya ga lepas dari berbagai macam faktor seperti:
      
      1. Tema cerita yang menarik.
      Dengan tema cerita yang menarik dan orisinil, maka akan membuat drama yang kita tonton menjadi drama yang menarik juga.
           
           2. Plotnya oke.
Plot yang jelas dan konsisten dari suatu cerita akan membuat drama yang ditonton lebih mudah dipahami. TIap drama memiliki plot yang berbeda yaitu plot seperti plot maju maupun plot campuran (dengan menampilkan cerita dimasa lalu).
Selain itu, menurut aku, cerita yang memiliki klimaks, anti klimaks dan juga penyelesaian masalah, akan membuat penonton merasakan tingkatan emasional yang berubah-ubah dalam setiap fase cerita. Tentunya apa yang dirasakan penonton drama akan lebih terasa emosional ketika cerita drama mencapai titik klimaks. Penonton pun akan merasakan bagaimana intensnya suatu cerita dalam titik ini. Ketika cerita berada di titik anti klimaks, penonton akan merasakan tensi emosional menjadi lebih santai dibandingkan sewaktu di titik klimaks. Akhirnya pada titik penyelesaian masalah, penonton pun akan merasakan “kelegaan” yang luar biasa melihat bagaimana akhirnya suatu konflik yang ada di drama bisa terselesaikan. Meskipun kadang penyelesaian dari suatu cerita dibuat “mengambang” sedemikian rupa agar penonton bisa membuat akhir drama sesuai apa yang diinginkan.
Tapi jujur saja, aku tidak begitu menyukai akhir cerita yang “mengambang”.
  
           3.  Penokohan yang kuat.
Penokohan yang bagus oleh tokoh-tokoh yang terlibat dalam drama, baik itu tokoh protagonist (tokoh yang baik) maupun tokoh antagonis (tokoh yang jahat)akan memunculkan keseimbangan cerita suatu drama.
Selain itu, bagaimana tokoh utama dan tokoh bawahan berakting dan memunculkan karakter masing-masing akan membuat cerita drama semakin kuat dan menarik.
  
           4. Setting cerita
Semua yang berhubungan dengan tempat, waktu dan suasana dari cerita drama. Setting yang menarik dan bagus akan membuat penonton merasakan cerita secara utuh. Bahkan kadang bisa membuat penonton, seperti aku, menginginkan untuk bisa ada dan merasakan bagaimana jika aku bisa berada di setting drama tersebut.. *EdisiTerlaluMenghayatiNontonDrama

Oia, sekedar informasi aja. Kalau temen-temenku yang lain pada beli DVD untuk nonton drama Korea, dengan kualitas yang bisa dibilang ga terlalu bagus, maka aku lebih milih buat ngeluarin uang lebih dengan beli HDD dan beli file-nya =D. Menurut aku, kalau file drama yang aku tonton kualitasnya bagus baik audio maupun visualnya, maka aku lebih puas tentunya.. *hahaha.. rewel kan!!
 
Rewel banget yah.. Banyak aspek yang aku nilai secara obyektif untuk bikin rating dari setiap drama =D. Silahkan diliat K-Drama Rating versiku yah..

  •  Secret Garden :   
Drama ini berisi bercerita tentang kerja keras sebagai stunt woman, unsur komedi juga ada di drama ini, dan yang paling menggelikan adalah cerita tentang bagaimana seseorang bisa tertukar jiwanya ketika badan mereka terkena air hujan.                                                                                                 Penokohan di Secret Garden juga sangat kuat. Tokoh sentral protagonis sangat mendominasi. Tokoh sentral antagonis hanya dimunculkan sedikit sekali, itupun hanya sebagai pihak ketiga dalam kisah percintaan Hyun Bin dan Ha Ji Woon.     Plotnya adalah plot maju dan konsisten. Terdapat klimaks, anti klimaks dan penyelesaian dalam drama ini. Emosi penonton pun diajak untuk berroler coaster saat melihat drama ini.                                                                         Keunggulan setting drama ini adalah setting tempat dimana tempat-tempat yang digunakan untuk pengambilan gambar merupakan tempat-tempat yang bagus seperti petite france. Yang paling berkesan adalah rumah si Hyun Bin, arsitekturnya unik dan juga bagus. Bikin aku pingin pergi mengunjungi lokasi-lokasi syutingnya Secret Garden.



  • My Girlfriend Is Gumiho  : 
Drama ini bercerita tentang bagaimana seekor siluman rubah berekor 9, Gumiho, yang keluar dari sebuah lukisan dan hidup sementara dianata manusia. Gumiho bertemu seorang pemuda, yang diperankan Lee Seung Gi. Pemuda inilah yang menjaga dan mengajari Gumiho ini bagaimana caranya menjalani hidup sebagai seorang manusia. Hubungan mereka akhirnya menjadi hubungan percintaan. Bagian yang menyedihkan adalah ketika Gumiho sudah harus kembali ke alamnya sendiri dan berpisaah dari Lee Seung Gi.                                                                             Plot drama ini adalah plot maju.                                                    Penokohan tokoh sentral antagonis dimunculkan sebagai seorang pemburu siluman yang membahayakan kelangsungan hidup si Gumiho. Sayang sekali, menurut aku tidak ada yang spesial dalam setting dalam drama ini.    







0 comments:

Posting Komentar