header-photo

Korea - Day 6

23 AUG : GYEONGGI – SEOUL

Hari ini perjalanan dilanjutkan menuju SEOUL. Setibanya di Seoul diantar menuju  GINSENG OUTLET. Ngelihat gingseng di depan mata, jadi pingin beli deh. Ngerayu hubby buat beliin gingseng yang uda dibikin tablet. Harganya USD 245. Thanks yah sayang..

Setelah dari gingseng outlet, kita diantar ke THE FACE SHOP COSMETIC. Gara-gara habis baca blognya orang-orang yang udah jalan-jalan ke Korea, aku langsung nyari ke tempat kutek, katanya ada kutek harganya 1000 won. Ternyata kuteknya yang di face shop ini gak ada yang seribuan, yang paling murah 3000 won. Oke, batal beli kuteks. Tujuan selanjutnya adalah ke tempat loose powder. Setelah coba sana sini, akhirnya pilihan jatuh kepada loose powder yang ini: (menyusul yah gambarnya)

Kemudian mupeng banget liat blush on unyu-unyu. Belilah blush on lovely me ex punyanya si face shop yang harganya 3000 won. Sebenernya pingin banget beli produknya odbo, satu pak isinya 4 botol kecil. Katanya sih botox yang dioleskan gitu, harganya Rp800.000. Rencananya aku mau beli separuhan gitu sama adek iparku. Tapi karena masih ragu mau beli atau gak, akhirnya kita batalin beli deh yang odbo ini. Sampe di Indonesia, aku nyesel gak beli si odbo ini!!!!

Makan siang di seberangnya toko the face shop. Disini kita makan barbeque again, yaitu ayam, daging sapi dan daging bebek. Barbeque yang sati ini juga cocok sekali sama lidah Indonesia kita.. Alhamdulillah kenyang dan puas..

Dari the face shop kita pergi ke DONGDAEMUN FASHION MARKET. Kita langsung dibawa ke sebuah gedung bertingkat, masuk ke lantai 5. Disana ada tempat jualan souvenir-souvenir Korea. Sama si tour guide Korea, kita direkomendasikan ke 1 toko, ya kita langsung belanja-belanja disitu. Untungnya si Papa masih nengokin ke toko sebelah, dan Alhamdulillah setelah tawar menawar akhirnya ada beberapa barang yang selisih 500 won dengan toko yang direkomendasikan oleh tour guide kita. Setelah itu pas jalan mau turun ke bawah, liat ada toko kosmetik missha. Kebetulan sekali, soalnya temenku ada yang nitip eyelinernya missha. Dia bilang di Surabaya harganya Rp 120.000 dan di Korea harganya Cuma Rp 80.000.
Sambil menuju ke bus, aku jalan-jalan liat-liat sandal dan sepatu. Hadeh, plis dehhh.. harganya 200.000 won. Aku jelas ga mau beli donk.. Hahaha.. sayang kalo uang segitu dibeliin sepatu atau sandal. Mending dipake beli oleh-oleh.

Sambil nunggu rombongan ngumpul semua, aku sama hubby duduk-duduk di d=sekitar parkiran bus. Dipinggirnya parkiran bus, ada gedung perbelanjaan juga. Jual berbagai macam souvenir juga. Harganya itu lebih murah dibanding toko souvenir yang lantai 5 tadi. Di lantai 5 tadi, harga gelas korea yang kecil per buahnya 1.000 won. Padahal di toko yang deket parkiran bus itu 1 lusin harganya cuma 5.000 won.

Waktu kita di Dongdaemun ada insiden kecil, ada 2 orang ibu-ibu yang ga balik di bus tepat waktu yaitu pkl. 16.30 dan hape mereka gak bisa dihubungi. Padahal kita dikejar deadline untuk nonton Nanta Show jam 17.00. Kita semua mutusin buat ninggal ajah. Biar nanti beliaunya dijemput sama tour guide kita. Setelah bus sudah jalan sekitar 5 menit, baru 2 orang itu bisa ditelpon. Tapi cuma ngomong sebentar, telponnya keputus. Mungkin gara-gara roaming dan ga ada pulsa. Untungnya hubby masih bawa key-BCA jadi aku minta tolong hubby buat isiin pulsa buat ibu itu. Setelah di isi pulsanya, koordinasi oke dan mereka bisa sampe ke tempat Nanta Show pas kita selse nonton shownya. Alhamdulillah..

NANTA SHOW itu pertunjukan perkusi yang di package dengan komedi. Setting show ini adalah di dapur dan peralatan perkusi yang digunakan adalah menggunakan peralatan dapur. Di show ini, penonton di ajak untuk berpartisipasi dalam show-nya. Bahkan adikku akhirnya kepilih buat jadi volunteer di salah satu sesi show itu. Adekku dapet Topi chef dan juga foto kenang-kenangan dari Nanta Show. Yang bikin ga enak waktu nonton ini adalah Nessa itu takut ruangan gelap seperti teater atau ruangan bioskop. Lebih parahnya, kita se-group dapet front row.. Nessa jadinya nangis terus karena emang Nessa itu takut gelap, takut suara perkusinya yang keras, dan ada beberapa adegan bertarungnya. Sebenernya kasihan sih cuma kan ini sekali seumur hidup. Toh belum tentu kita bisa ke Korea lagi kalau ga gratisan.. Hahahaha.. jadi agak maksain nessa buat tetep duduk di dalam selama show berlangsung..

Setelah nonton NANTA SHOW, kita diajak makan malam di Korean restoran yaitu bulgogi sapi. Kalau yang aku tahu waktu makan di De Boliva, Bulgogi itu ga ada kuahnya. Hehehehe... ternyata bulgogi yang disuguhkan ke kita ada kuahnya dan juga ada bihun putihnya. Jadi berasa makan semur daging sapi deh.. However, bulgogi ini enak..

Habis itu kita langsung menuju ke Ramada hotel seoul. Ngarep aja hotelnya di tengah kota, jadi kita bisa jalan-jalan untuk liat-liat kota Seoul di malam hari. Tapi ternyata hotelnya cukup jauh dari pusat kota but it's located in a busy street tough. Unfortunately, di hari kedua kita di Seoul, kita baru tahu kalau Ramada Seoul ini terletak tak jauh dari Gangnam street..

Tips:
  1. Kalau beli souvenir, lebih bagus jangan beli terlalu banyak di tempat yang direkomendasikan oleh si Tour Guide-nya. Lebih bagus cek di tempat lainnya. Kalau sudah nemu toko yang harganya lebih murah, beli aja yang banyak karena nanti kalau sudah balik ke Indonesia dan yang dibeli cuma dikit, maka pasti menyesal.. Hahaha...
  2. Akan lebih menyenangkan kalau hotel di Seoul berada di tengah kota, atau berada di dekat pusat perbelanjaan seperti Myeongdong atau Dongdaemun.
  3. Yang bawa anak kecil waktu nonton Nanta Show, lebih baik request ke tour guidenya untuk pilihin kursi yang belakang saja.
  4. Kalau mau beli produk The Face Shop atau merk kosmetik Korea yang lainnya, mending beli di Myeongdong. Di Myeongdong, lebih banyak promosi dan kalau mau cari kuteks yang 1.000 won juga ada.
  5. Selagi di Korea, beli aja kosmetik yang pingin kamu beli. Tentunya harga kosmetik asli Korea lebih murah harganya kalau beli langsung di Korea daripada di Indonesia. Harga di Korea itu sekitar 1/2 harga disini.. Nyesel kemarin gak beli banyak..

Intan mengatakan...

Halo Mbak, salam kenal... Saya mau nanya nih, waktu pakai keyBCA, pakai sambungan internet wifi publik atau private?