header-photo

Korea - Day 2


19 AUG : SEOUL – JEJU ISLAND 
                                                                           
(OZ  8931 GMP - CJU 13.55 -15.00)       

                                                                        

Setelah sampai di INCHEON, kita heran sekali liat terminal kedatangannya sepi banget. Beda banget sama bandara SIN. Perlu diingat bahwa di Bandara korea tidak ada porter. Jadi masing-masing orang harus siap buat bawa barang-barangnya sendiri.

Di sekitar pintu keluar bandara ICN, banyak berjajar stand dari provider telekomunikasi Korsel yang meminjamkan handphone. Mengingat bahwa handphone disana langsung bundling dengan provider, makanya kita gak bisa kalau cuma beli sim card ajah. Daripada aktifin paket roaming BB yang tarifnya Rp 50.000/hari per handphone, mending sewa hape disana. Pilihan handphonenya pun banyak, ada samsung galaxy note, samsung SII maupun Iphone. Setelah ngobrol dengan si Unni, Kita dianjurin sewa Galaxy Note. Dengan tariff sewa per hari cuma 7.500 won. Berhubung Si Hubby ada kartu kredit, jadi langsung di open kan kartu kraditnya untuk jaminannya hape pinjaman ini. Kalau ga ada kartu kredit, kita diharuskan deposit gitu kayaknya. Kalau ga salah yang aku baca di brosurnya yaitu sejumlah 300.000 won. Setelah kita terima hape, si Oppa jelasin ke kita dendanya berapa per item yang kita pinjam itu. Jadi system kerjanya si hape Galaxy note itu kita pake buat modem dan router wifi. Semua BB diaktifkan Wifi-nya dan dikoneksikan ke galaxy note itu, kemudian secara otomatis BBM sudah aktif. Asal syaratnya yaitu si BB ini mulai dari Indonesia harus dicek dan masih dalam masa berlangganan paketan BB. Awalnya sih si BB ini mau ga aku bawa ke Korea, soalnya adikku bilang kalau disana kita gak bisa beli simcard provider Korsel, dia dapat info dari baca blog di web. Untung aja si hubby maksa aku buat bawa BB-ku. Jadi aku masih bisa BBMan.

Dari bandara ICN, kita langsung city tour Seoul sebentar menuju 2002 FIFA WORLD CUP STADIUM. Setelah keliling-keliling stadium, liat semua bangunannya dan di puterin filmnya tentang tim sepak bola korea selatan, kita menikmati makan siang di restoran setempat, yaitu sup ayam gingseng.


삼계탕 Samgyetang (Ginseng Chicken soup)
Ingredients: Young chicken, sweet rice, ginseng, garlic, chestnut, jujube
Description: A young chicken is cleaned out then stuffed with various ingredients before being boiled to draw out a delicious broth.
The picture and information taken from http://english.visitkorea.or.kr/enu/FO/FO_EN_6_3_1.jsp

Didalam supnya, ayamnya itu dalemnya  diisi nasi. Di resto ini pertama kali ngincipin kimchi sawi putih. Sawi putihnya masih seger, jadi berasa kayak sayur asinan. Untuk ras kuah supnya hambar, tapi dimeja disediain garam sama lada, jadi rasanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Setelah makan, menuju ke GIMPO airport. GIMPO airport beda dengan INCHEON airport. Padahal kita baru aja masukkin koper-koper ke dalem bis, eh tuh koper yang gede-gede itu udah diturunin lagi buat terbang ke Jeju Island… Jet lag banget. Istirahat kurang dan jadwalnya padat.

For your information, di GIMPO airport, mami sempet ngajak beli dunkin donut karena mama gak doyan makan sup ayam gingsengnya tadi. Anggota kita yang lainnya sih uda makan dengan lauk udang dan sambalnya bu rudy sih =D. Setelah beli ini itu di dunkin donut, aku liat di kasirnya total semua adalah 13.000 won. HHhhhmm.. Mahal juga yah, soalnya harga per donutnya mulai yang paling murah yang glazzy gitu harganya 1.000 won. Aku minta beliin yang isis blueberry harganya sekitar 1.300 won.

Kita sampai di JEJU ISLAND dengan pesawat domestik pukul 15.00 dan perjalanan langsung dilanjutkan dengan city tour. Tempat pertama yang kita kunjungi yaitu TEDDY BEAR MUSEUM. Awalnya gak paham juga, apa sih istimewanya teddy bear sampe dibikinin museum kayak gini. Dari cerita si tour guide kita, ternyata orang korea percaya bahwa nenek moyang mereka dulunya adalah beruang. Mungkin kepercayaan itu yang bikin TeSeum ini berharga buat mereka.
Setelah kunjungan ke TeSeum, kita semua dapet cinderamata gratis dari museum ini. Cinderamata berupa boneka beruang. Ini nih boneka yang aku dapet:
Dari TeSeum, bus kita melewati MYSTERY ROAD . Mystery road ini adalah jalanan yang sepertinya menanjak akan tetapi ketika mesin bus dimatikan maka bus bisa jalan sendiri. Dari mystery road, kita mengunjungi JEJU FOLKLORE & NATURAL MUSEUM. Di museum ini kita bisa mengetahui bagaimana kehidupan orang Korea jaman dulu. Di museum ga boleh foto-foto, jadi kita cuma foto di depan banner ini..

Setelah city tour, kita dijamu untuk makan malam di restaurant setempat dengan menu shabu-shabu ala korea. Sama dengan shabu-shabu biasanya cuma perbandingannya antara daging sapi dan sayurannya tidak seimbang. Tentunya lebih banyak isi sayuran dan jamurnya  ketimbang dagingnya. Ada sayur wortel, sawi putih, daun bawang, dan jamur enokki. Rasa dan aromanya sangat fishy kayak katsuoboshi (taburannya kalau beli takoyaki). Berasa kayak bau ikan gitu... Setelah makan, langsung menuju Jeju Oriental Hotel.. Berendam air hangat, terus istirahat, mengumpulan tenaga buat besok pagi.

Tips:
1. Siapkan tisu basah secukupnya untuk bersihkan badan di pesawat, sebelum pesawat landing di incheon. Setelah bersihkan badan, jangan lupa touch up muka dan ganti baju yang keren buat sesi foto-foto untuk turnya. 

2. Sebelum keluar dari bandara Incheon, lebih baik anda menyewa handphone untuk koneksi internet. Bisa dipakai modem dan router wifi untuk blackberry. So, bisa BBMan dan update status... Hehehe...

3. Yang bawa anak kecil:
    a. Selalu siapkan 1 baju ganti untuk keadaan darurat.
    b. Bawa minyak kayu putih dan bedak harum (ukuran kecil).
    c. Bawa diaper untuk ganti minimal 3 buah.
    d. Kalau masih minum susu di botol, harus bawa sikat gigi baru
        dan sleek (pembersih botol susu) yang udah ditaruh di botol 
        kecil. Daripada bawa sikat botol yang besar, lebih praktis kalau
        pake sikat gigi ajah. Untuk botol-botol kecil maupun wadah krim
        perawatan yang mini, bisa beli di counter tammia di matahari. 

4. Bawa makanan Indonesia dan saus sambal (Di resto Korea, mereka cuma punya saos tomat). 
    a. Bawa udang bu Rudy 2 paket besar. Perlu bawa segini banyak 
        karena banyak masakan Korea yang kurang cocok dengan lidah 
        Indonesia.
    b. Bawa saus sambal. Rekomendasi aku adalah saos sambal cap 
        dua belibis. Ini gara-gara tur leader kita bawanya saos sambal 
        belibis, dan cocok sekali dengan lidah kita. Sekarang jadi 
        semacam gak mau pake saos kalo bukan merk dua belibis.
    c. Bawa mie instan Indonesia buat yang muslim. Bisa bawa pop 
        mie atau juga mie gelas.
        Menurut Cathy, Si tour guide Korea kita, semua ramen instan 
        di Korea mengandung babi. Yang non muslim, ga masalah. 
        Bisa beli di mini market di Korea ajah. Tapi kalau mau 
        lebih hemat, bawa aja secukupnya dari Indonesia.

5. Selalu bawa atasan mukena dan kaos kaki bersih untuk sholat.

6. Menghindari ganti CD berkali-kali, lebih baik pake pantyliner ajah. Bawa pantyliner yang banyak yah. Jadi kalau mau sholat, tinggal ganti pantyliner ajah.

7. Buat cowok yang pake celana pendek, jangan lupa bawa sarung kalau lagi tur.

8. Selalu ambil foto setiap makanan yang dihidangkan ke anda.

0 comments:

Posting Komentar