header-photo

Korea - Day 5

22 AUG : MOUNT SORAK – EVERLAND – GYEONGGI
Setelah makan pagi di hotel, kita langsung menuju GWEUNGEMSUNG FORTRESS dengan cable car. Aku sama hubby beliin Nessa jas hujan kecil, warna merah motif polkadot harganya 2.000 won.
Kebetulan sewaktu kita menuju ke atas, pegunungan ini hujan dan masih berkabut. Jadi pemandangan sekitar tidak terlihat sama sekali. Cable car ini besar loh, bisa di isi 51 orang per sekali jalan. Sampai di stasiun cable car di atas, hujan tambah deras, jadi banyak yang tidak mau jalan-jalan, grup kita memilih buat tetap berada didalam gedung pemberhentian cable car.

Aku sama hubby masuk ke tempat penjualan souvenir dan kita membeli souvenir ini.. Harganya kalau ga salah 7.000 won. Berhubung banyak yang tidak mau jalan-jalan, tour leader kita mengajak untuk ke turun lagi. Sewaktu turun, kabut sudah mulai hilang dan pemandangan gunungnya pun mulai terlihat.

Di stasiun atas sebenernya mau beli jajanan gitu. Tapi antriannya lama dan panjang. Ternyata, jajanan itu dijual juga di stasiun cable car yang bawah, akhirnya aku bisa beli jajanan cinnamon stick gitu dan hot chocolate..  Lumayan bikin badan anget.

Dari cable car, kita jalan menuju ke GRAND BRONZE BUDDHA STATUE. Sekedar tahu dan foto-foto sebentar, kemudian grup melanjutkan ke SHINHEUNGSA TEMPLE. Tapi karena hujan tambah deras dan kita juga bawa anak kecil, kita males basah-basahan dan ijin untuk langsung balik ke bus dan gak mampir melihat shinheungsa temple. Sebelum masuk bis, ada yang jual jajanan gitu, tulisannya Potatopie. Tapi kalo dilihat-lihat kayak kue tok gitu. Aku beli aja dan ternyata benar saudara! Ini sama dengan kue tok tapi ini bentuknya gak beraturan =D.. Aku ada fotonya:

Menurut sumber di web yaitu
http://ttp://www.koreataste.org/lang/en/en/food-en/recipes-en/songpyeon/, Jajanan ini disebut Songpyeon. Songpyeon (송편) is a type of rice cake made by kneading rice powder with hot water and stuffing the dough with beans, sesame, chestnuts and other fillings. The rice cake is shaped into a half-moon and steamed. Songpyeon is served without fail on Chuseok (Korean Thanksgiving) the biggest holiday in Korea. On the eve of Chuseok, all the family members gather around the table and make songpyeon. They try to make pretty shapes because there is a belief that if you make pretty songpyeon, you will have a beautiful daughter.

Setelah semua balik ke bus, kita diajak untuk makan siang. Whaat?? Padahal waktu itu jam menunjukkan pukul 11.00 tapi karena ini sudah rute yang diharuskan dilewati, akhirnya makanan itu juga masuk ke perut. This time, we have a fish cutlet. Western food of course. Ikan crispy goreng tepung dengan nasi dan juga salad. Menu ini juga bikin kita berselera makan karena makanannya international menu dan tempat café-nya pun very cozy..

Ditengah perjalanan menuju ke everland, bis sempet berhenti di rest area yang cukup besar. Disini toiletnya banyak sekali.. Hehehe.. Gak perlu ngantri deh. Selain itu, di dalam toilet ada pemutar suara gitu, yang kalo dipencet keluar suara air mengalir gitu. Hehehe.. Mungkin ini fungsinya sebagai pengalih perhatian orang-orang yang ada di cubical toilet sebelah kalau kita poop. Jadi, orang lain ga bakal kedengaran "suara" poop kita...

Di rest area ini, banyak stand yang jual makanan ringan sampai makanan berat. Ada juga mini marketnya. Disini aku beli Ttebokki. Akhirnya ngerasain street foodnya Korea.. Untuk orang yang doyan pedes, ttebokki yang aku beli ini levelnya biasa aja. Tiap penjual punya level pedas tersendiri karena waktu adekku beli ttebokki di depan Donghwa DFS, dia bilang ttebokkinya pedes (padahal dia itu gila pedes). Selain rice cake, didalam ttebokki ini ada lembaran-lembaran gitu. Awalya aku takut kalau itu daging babi. Hehehe.. Setelah aku tanyakan ke tour guide Korea-ku, dia bilang itu tempura.. Horeee.. Ini aman untuk dimakan.. =D

Setelah makan siang, tujuan selanjutnya adalah EVERLAND THEME PARK. Sebelum ke everland theme park, kita mampir sebentar di KIMCHI CLASS untuk belajar membuat kimchi serta mencoba baju adat Korea, HANBOKSetelah di ajarin dan praktek bikin kimchi, kita bebas untuk pilih hanbok yang digantung dan berfoto-foto, pengalaman yang menyenangkan tentunya. Sebenernya pingin beliin Nessa hanbok yang kecil, setelah lihat harganya.. Hehehe.. langsung mundur 40 langkah ke belakang!!! Harganya yang paling murah 150.000 won, buk!!! Hahahahaa...

Kemudian kita menuju Everland Theme Park. Disini kita diajak dulu untuk naek “human sky”, jadi kayak kereta gantung ski gitu. Kita diajak ke area zoo-topia, disitu kita liat mini safari gitu. Kita naek bus, kemudian diajak muter bentar buat liat singa dan beruang. Awalnya sih kurang "ngeh", sebenernya ini kita disuruh liat apaan. Tapi setelah sampai di kandang beruang, kita baru tau kalo kita dikasih atraksi beruang bisa waving hand sama si pak sopir bisnya. Hehehe.. Lumayan lucu.. Setelah itu kita semua dapet free time sampe jam 19.30
Ini nih human sky punya everland

Tapi sayangnya waktu di everland cuma sebentar saja. Setelah baca brosur everland yang dikasih di entrance gate yang gambar depannya Suzy Miss A, ternyata di everland ada pertunjukan kembang apinya juga jam 21.30, sayang sekali ga bisa liat. Menurut brosurnya di Everland juga ada parade kayak di disneyland gitu, tapi paradenya siang jam 14.00, padahal kita sampe di everland sekitar jam 16.00. Di Everland, cuma Mas Irul sama Andi aja yang nyobain roller coaster. Sayang banget kita salah strategi, harusnya Mas Irul sama Andi bawa semua barangnya sendiri, karena di T-express pasti ada loker penyimpanan barang untuk orang yang mau naik roller coaster. Nungguin mereka sampe balik dari roller coaster aja uda mepet waktunya mau habis. Padahal aku sebenernya masih pingin ke four season gardennya. Sayang banget ga bisa liat four season gardennya. Yang kita kejar setelah nungguin mereka naek T-Express yaitu ngajak si Nessa dan Rafa liat pororo 3D. Jadinya kita jalan cepet-cepet ke pororo 3D dan Alhamdulillah dapet antrian depan. Selesai pororo 3D jam 19.30, langsung kumpul dan pulang. Hope to visit everland again, soon..

For your information, di dalem everland ga ada tulisan latinnya yang menunjukkan minimal "welcome to Everland".. hehehe.. Jadi bingung mau foto dimana.. Tapi ternyata tulisan everland itu ada di gapura besar yang ada di depan entrance gate-nya. So, sebelum masuk, cari gapura ini yah...

Diperjalanan menuju GYEONGGI kita mampir ke restoran setempat untuk barbeque-an, yang non muslim dapet barbeque babi, yang muslim dapet barbeque ayam. Tapi berhubung liat pinggirku, si vegetarian makan semacam cap cay, wahhhh jadi pingin. Aku order sendiri dan membayar 10.000 won buat makanan cap cay jamur semangkuk kecil. It’s okay, dan cap cay ini berhasil bikin Nessa makan lahap sekali.

Menempuh perjalanan sekitar 2 jam, akhirnya sampailah kita ke LG Konjiam resort. Seneng banget bisa nginep di resort ini, karena menurut berbagai sumber resort ini adalah resort yang dipakai syuting film Lie To Me. Di film Lie To Me, LG Konjiam resort disebut sebagai Gold resort. Resort ini baguss sekali. Sewaktu masuk ke lorong kamar, kita pun agak bingung karena pintu dan dindingnya bermotif sama, kayu-kayu gitu dan berasa seperti ngelihat pintu almari yang berjajar waktu ngelihat pintu kamarnya. Hehehe... Di kamarnya tersedia meja makan, dan kitchen set. Sayang sekali gak ada bath tub dikamar mandinya..

Tips:
1. Kalau berkunjung ke Everland, dan ada keluarga yang mau nyobain T-express, barang mereka harus mereka bawa sendiri biar anggota keluarga yang lain bisa jalan-jalan muter everland.
2. Akan lebih bagus kalau berkunjung pas summer, anda harus menunggu sampai pertunjukan firework.
3. Selalu cek semua bagian kamar sebelum check out karena di LG Konjiam resort ini celana pendek si Hubby ketinggalan.